Inilah 3 Cara Membangkitkan Semangat Latihan Pramuka


cara membangkitkan semangat latihan pramuka
Semangat untuk latihan pramuka bisa muncul dari orang lain maupun diri sendiri. Tapi tetap kita harus bisa mempertahankan semangat itu, jangan sampai hilang.
Latihan pramuka merupakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh anggota pramuka. Mulai dari anggota siaga, penggalang, hingga penegak. Tak jarang, semangat anggota untuk latihan pramuka itu sering menurun di tengah jalan. Namun tak perlu khawatir, karena ada cara membangkitkan semangat latihan pramuka.

Ada banyak cara membangkitkan semangat latihan pramuka

Minat terhadap pramuka saat ini memang meningkat. Meskipun begitu, masih saja ada yang malas untuk mengikuti latihan rutin pramuka. Oleh karena itu, pramuka harus tahu cara membangkitkan semangat latihan. Jangan sampai kita bosan karena suasana yang terlalu serius.

Menciptakan suasana serius tapi santai

Saat melakukan latihan, tentu harus diciptakan suasana serius tapi santai. Suasana ini bisa diciptakan oleh pembina atau pelatih dengan menjadi orang yang humoris. Dengan sikap humoris ini, anggota akan merasa senang dan tidak jenuh.
Suasana seperti ini akan dirindukan oleh anggota pramuka. Sehingga saat anggota merasa malas, bisa kembali bangkit semangatnya karena bisa merasakan suasana yang serius tapi santai dan menyenangkan saat latihan.

Jangan mudah marah kepada anggota

Sikap seorang pembina saat proses latihan pramuka sangatlah penting. Tak jarang, ketika anggota tidak bisa melakukan hal yang dipelajari saat latihan. Pembina justru malah memarahi anggota tersebut. Padahal tanpa marah-marah pun segala hal pasti bisa diselesaikan. Termasuk agar anggota tersebut bisa memahami dan melakukan hal yang dipelajarinya.
Jika terlalu pemarah atau memberi hukuman berat kepada anggota, justru akan membuatnya menjadi benci dan tidak suka saat melakukan latihan pramuka. Meskipun tidak marah, sikap tegas harus tetap dilakukan dengan sewajarnya. Namun, dengan sikap tidak mudah marah akan menimbulkan rasa senang dan bisa menambah semangat anggota untuk terus mengikuti latihan kepramukaan.

Memutar musik atau lagu

Saat anggota sudah terlihat malas dan tidak bersemangat saat latihan pramuka. Tentu harus diciptakan suasana yang berbeda agar semangat latihannya bisa kembali bangkit. Membangkitkan semangat bisa dilakukan dengan cara memutar musik atau lagu. Biasanya dengan adanya musik atau lagu, anggota akan kembali semangat untuk melakukan latihan.

Jangan biarkan semangat kita menurun

Membangkitkan semangat untuk latihan pramuka bisa dilakukan dengan banyak cara. Pada dasarnya semangat untuk latihan tidak akan muncul jika hanya didukung oleh pembina atau pelatihnya. Tapi harus muncul juga kesadaran untuk selalu semangat dari anggota pramuka itu sendiri. Jika sudah muncul semangat, maka pertahankan dan jangan sampai kembali menurun.

Comments